Kilaspos.com| Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) berhasil menyabet beberapa penghargaan dalam ajang Perlombaan Harganas ke-31 tahun 2024. Salah satu penghargaan bergengsi yang diraih adalah Juara Terbaik 1 dalam Kategori Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) PNS.



Sertifikat Juara 1 tersebut diterima langsung oleh Bupati Rokan Hulu, H. Sukiman, yang diserahkan oleh Ibu PJ Gubernur Riau, Adrias Hariyanto, dalam acara yang berlangsung di Aula Balai Serindit Gubernuran Riau pada Jumat (19/7/2024).


Selain itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, juga meraih penghargaan dalam beberapa kategori lainnya, antara lain:


1. Terbaik II kategori Bina Keluarga Balita (BKB), yaitu BKB Flamboyan Desa Bencah Kesuma.


2. Terbaik II kategori Lomba Ajang Kespro Kawula Muda (AKUKAMU), yaitu SMA N 1 Rambah.


3. Terbaik II kategori Kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR) Percontohan, yaitu BKR Tunas Bangsa Desa Karya Mulya.


4. Terbaik II kategori Pusat Konseling Remaja (PIK R) Percontohan Segmentasi Berkolaborasi Usia 20-24 Tahun, yaitu PIK R Zaliyah.


Berbagai penghargaan tersebut juga turut diterima oleh Sekretaris Daerah Rohul, M. Zaki, S.STP, M.Si, Ketua DW Rohul, Ny. Siska Irdaningsih, Kadis KB dr. Bambang, dan Kasi Ketahanan Keluarga Balita dan Lansia pada Dinas KB Rohul.


Dalam arahannya, Pj Gubernur Riau yang diwakili oleh Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi Riau, Zulkifli Syukur, mengucapkan selamat kepada Kabupaten/Kota yang telah menjadi juara pada berbagai lomba dalam rangka peringatan HARGANAS ke-31 tahun 2024 ini.


Zulkifli Syukur mengungkapkan bahwa piagam penghargaan tersebut merupakan prestasi kinerja Program Bangga Kencana di Provinsi Riau. Ia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pengelola program baik dari tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota, hingga kader di lapangan yang telah sukses mencapai prestasi tersebut.


“Semoga semua keluarga di Indonesia, khususnya Provinsi Riau, terbebas dari stunting demi mewujudkan keluarga berkualitas menuju Indonesia Emas 2045,” ujarnya.


Di tempat terpisah, Bupati Rokan Hulu, H. Sukiman, melalui Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Rohul, menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh yang terlibat dalam Lomba Harganas ini. Mereka telah berhasil menorehkan prestasi yang mengharumkan nama Kabupaten Rokan Hulu.


dr. Bambang menjelaskan bahwa prestasi yang diraih saat ini merupakan hasil kerja tim yang baik, sebagai bukti keseriusan Kabupaten Rokan Hulu dalam mencegah stunting, dengan mengoptimalkan pola pengasuhan seribu hari pertama kehidupan (1000 HPK).


"Kita berharap pencegahan stunting zero untuk Kabupaten Rokan Hulu melalui program BKB. Ditambah lagi pendekatan kita dengan keluarga remaja memberikan pemahaman pentingnya membina remaja putra dan putri sebelum menikah agar calon pengantin paham akan risiko pernikahan dini, memberikan tablet tambah darah melalui program BKR, dan menyediakan pusat konseling remaja untuk memudahkan remaja saling berbagi informasi agar mengerti akan bahaya narkoba, pernikahan dini, dan seks bebas," ujarnya.


dr. Bambang juga berharap prestasi ini dapat dipertahankan untuk tahun-tahun berikutnya dan program yang telah berjalan benar-benar diikuti oleh masyarakat demi mencegah stunting guna mewujudkan keluarga berkualitas menuju Indonesia Emas.(MC Diskominfo Rohul)***


(Rusli)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama