Kilaspos.com| Dalam rangka memperingati Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-77, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) melalui Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi UMKM (Dinsosnakertrans MKM) mengadakan gerak jalan santai yang dibuka langsung oleh Bupati Rokan Hulu H. Sukiman, didampingi oleh Ketua TP PKK Rokan Hulu Hj. Peni Herawati di Desa Bono Tapung, Kecamatan Tandun, Kamis (18/07/2024).


Acara ini turut dihadiri oleh Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kadis Dinsosnakertrans UMKM Zulhendri, S.Sos, M.IP, kepala OPD se-Rohul, Camat Tandun, Kades se-Kecamatan Tandun dan Kabun, 46 ketua dan pengurus koperasi se-Rokan Hulu, serta ratusan masyarakat Bono Tapung.


Dalam sambutannya, Bupati Rokan Hulu H. Sukiman mengungkapkan kebanggaannya terhadap 46 koperasi yang telah berprestasi.


"Mudah-mudahan ke depan bisa lebih baik lagi dan lebih banyak koperasi yang berprestasi," ujarnya. 


Namun, ia juga mengingatkan bahwa masih ada 130 koperasi yang kurang berprestasi dan diharapkan dapat memacu diri untuk maju sehingga jumlah koperasi terbaik semakin banyak demi kesejahteraan masyarakat.


Sukiman menegaskan bahwa pemerintah terus memberikan dukungan melalui pembinaan, arahan, serta pemberian dana untuk membantu pertumbuhan koperasi. Namun, ia mengingatkan para pengurus koperasi untuk lebih disiplin, tertib administrasi, dan mengelola keuangan dengan baik karena koperasi bukan milik pribadi, tetapi milik semua anggotanya.


Kepala Dinsosnakertrans UMKM, Zulhendri, S.Sos, M.IP, menambahkan bahwa koperasi memiliki peran penting dalam menumbuhkan dan mengembangkan potensi ekonomi rakyat serta mewujudkan kehidupan demokrasi ekonomi dengan ciri-ciri demokratis, kebersamaan, kekeluargaan, dan keterbukaan di Kabupaten Rokan Hulu.


 "Pertumbuhan koperasi setiap tahunnya meningkat. Pada tahun 2024, jumlah koperasi mencapai 366, terdiri dari 203 koperasi aktif dan 163 koperasi tidak aktif," jelasnya.


Zulhendri juga menyebutkan bahwa koperasi yang tidak aktif akan diusulkan untuk dibubarkan setelah evaluasi dan pembinaan terlebih dahulu. Untuk mempermudah pelayanan kepada anggota masyarakat, Dinsosnakertrans UMKM mendorong digitalisasi koperasi, dengan 12 koperasi yang telah menerapkan koperasi digital.


Kepala Desa Bono Tapung, Riyanto, selaku tuan rumah, menyambut gembira acara ini dan mengapresiasi antusiasme pengunjung yang mencapai 1.500 orang sejak hari pertama bazar hingga puncak acara. Desa Bono Tapung juga telah memberikan pembinaan dan mendorong inovasi, dengan KUD Kesejahteraan meluncurkan inovasi koperasi elektronik dan simpan pinjam yang sudah mencapai lebih dari 5 miliar rupiah.


Di penghujung acara, Bupati Sukiman menyerahkan piala dan piagam penghargaan kepada koperasi berprestasi, termasuk KUD Tani Sejahtera Desa Bono Tapung, KUD Bangkit Usaha Makmur Desa Bocah Kusuma, dan KUD Bumi Asih Desa Kabun. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada koperasi pelaksana RAT tercepat dan koperasi dengan profitabilitas tertinggi.


Usai acara, Bupati dan rombongan meninjau bazar UMKM dalam rangka Harkopnas ke-77 serta memberikan ratusan door prize kepada peserta gerak jalan santai dan masyarakat Bono Tapung.(MC Diskominfo Rohul).***


(Rusli)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama