Kilaspos (Rohul) - Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) berlangsung dengan khidmat dan lancar. Mengusung tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045", acara ini diselenggarakan di Halaman Kantor Bupati Rokan Hulu. Sabtu (01/06/2024).



Upacara tersebut dipimpin oleh Wakil Bupati (Wabup) Rokan Hulu, H. Indra Gunawan, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Peserta upacara terdiri dari berbagai golongan, termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota Kepolisian, TNI, serta mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kabupaten Rokan Hulu.


Turut hadir dalam acara ini di Kapolres Rokan Hulu, AKBP Budi Setiyono, SIK, SH, Kejari Rokan Hulu, Fajar Haryowimbuko, SH, MH, Kepala Pengadilan Negeri Rokan Hulu, Roni Suata, SH, MH, Kepala Kementerian Agama Rokan Hulu, Sekretaris Daerah Rokan Hulu, M. Zaki, S.STP, M.Si, serta para pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu.


Dalam amanatnya, Wabup H. Indra Gunawan menyampaikan bahwa tema peringatan tahun ini mengandung pesan mendalam.


"Pancasila menyatukan seluruh rakyat Indonesia dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat," ujarnya.


Indra Gunawan menegaskan pentingnya pengkajian dan penghayatan kembali ideologi Pancasila, khususnya oleh generasi milenial. Menurutnya, generasi muda merupakan penerus bangsa yang akan membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi daerah, khususnya Rokan Hulu.


"Sebagai daerah yang heterogen dengan berbagai suku yang ada di Rokan Hulu, kita patut bersyukur karena sejak berdirinya pada tahun 1999 hingga 2024, Rokan Hulu tetap aman, tenteram, dan damai. Hal ini harus terus kita pertahankan bersama demi kemajuan daerah yang lebih baik dan sejahtera," tambahnya.


Wabup juga mengimbau seluruh masyarakat Rokan Hulu untuk bersikap cerdas dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah yang akan berlangsung serentak.


"Diharapkan masyarakat Rokan Hulu senantiasa cerdas dalam menentukan sikap dan memilih pemimpin demi keberlangsungan dan kemajuan daerah untuk lima tahun ke depan," katanya.


Setelah upacara selesai, momen peringatan Hari Lahir Pancasila diabadikan dengan foto bersama para peserta upacara bersama Wakil Bupati yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Foto bersama ini diharapkan menjadi simbol kebersamaan dan persatuan masyarakat Rokan Hulu dalam mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045.***


(F.W.Nst)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama