KILASPOS (ROHUL) - Wakil Bupati (Wabup) Rokan Hulu (Rohul), H. Indra Gunawan, secara resmi membuka pendataan database sumber daya manusia (SDM) kebudayaan dan pemangku adat Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Rokan Hulu di Gedung LKA Kecamatan Tandun, Rabu (22/5/2024).



Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Kesbangpol Irvandri MIP, Camat Tandun M Rodi, Ketua MKA LAMR Rohul Datuk Seri Dr. H Dipendri SPd MM yang bergelar Datuk Tumenggung, Ketua DPH LAMR Rohul Datuk Seri H Zulyadaini yang bergelar Datuk Saudagar Rajo, serta Ketua LKA Tandun dan para pemangku adat lainnya.


Dalam sambutannya, Wabup Indra Gunawan yang bergelar Datuk Timbalan Setia Amanah Setio Nugoi mengajak seluruh datuk adat untuk bersatu dalam memajukan kebudayaan adat LAMR Rohul. Ia menekankan pentingnya mempertahankan budaya dan adat istiadat agar tidak tergerus oleh perkembangan zaman.


"Kebersamaan membangun Rokan Hulu harus tertanam di jiwa kita, termasuk mempertahankan budaya dan adat istiadat LAMR jangan sampai tertinggal oleh perkembangan zaman," ujar Wabup Indra Gunawan.


Ia juga menekankan pentingnya memperbarui administrasi keberadaan LKA yang ada di wilayah Kabupaten Rohul. Menurutnya, luhak yang ada di Kabupaten Rohul hanya ada lima, yaitu Luhak Rambah, Kepenuhan, Tambusai, Kunto Darussalam, dan Rokan IV Koto. Namun, status LKA Ujung Batu, Tandun, dan Kabun masih belum jelas masuk ke luhak mana.


"Saya berharap ke depan ada perbaikan data terhadap keberadaan LKA yang ada di bawah LAMR Rohul. Dari lima luhak yang ada, LKA Ujung Batu, Tandun, dan Kabun itu masuk ke mana?" tanya Wabup.


Selain itu, Wabup Indra Gunawan juga meminta LAMR Rohul untuk serius dalam melakukan pendataan desa adat dan meningkatkan SDM para datuk sebagai pemangku adat di LKA dan desa adat. Ia menekankan bahwa pendataan database SDM kebudayaan dan pemangku adat LAMR Rohul ini sangat penting dan diharapkan dapat membawa kemajuan bagi pengembangan budaya LAMR ke depan.


"Pendataan database SDM kebudayaan dan pemangku adat LAMR Rohul ini sangat baik. Tentunya kita berharap bersama bahwa implementasi dari kegiatan ini bisa membawa kemajuan buat pengembangan budaya LAMR ke depan," sebut Wabup.


Ketua DPH LAMR Rohul, Datuk Seri H Zulyadaini yang bergelar Datuk Saudagar Rajo, juga memberikan pandangannya. Ia menyampaikan bahwa selain untuk meningkatkan SDM para pemangku adat di seluruh LKA yang ada di setiap kecamatan, para datuk juga memiliki tugas penting dalam membentuk desa adat. Menurutnya, dari sekitar 167 desa yang tersebar di wilayah Kabupaten Rohul, jumlah desa adat masih sangat sedikit.


"Jadi ke depan kita upayakan ada pendataan kembali desa-desa yang ada di lingkup LKA kecamatan," kata Zulyadaini.


Datuk Seri H Zulyadaini juga menyampaikan bahwa selain di LKA Tandun, kegiatan serupa sudah dilaksanakan di beberapa LKA di kecamatan lainnya. Ia menambahkan bahwa untuk LKA Kecamatan Ujung Batu, kegiatan serupa akan dilaksanakan pada tanggal 25 Mei nanti.


Acara pendataan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam memperkuat dan memperjelas status desa adat serta meningkatkan kualitas SDM pemangku adat di Kabupaten Rokan Hulu. Dengan adanya pendataan yang lebih baik, diharapkan adat dan budaya Melayu Riau di Rokan Hulu dapat terus terjaga dan berkembang, meski di tengah arus modernisasi yang semakin deras.


Dalam kesempatan tersebut, para pemangku adat dan masyarakat adat di Kecamatan Tandun juga menyatakan komitmennya untuk terus berupaya melestarikan budaya dan adat istiadat Melayu Riau, serta mendukung penuh program pendataan dan peningkatan SDM yang dicanangkan oleh LAMR Rohul.


Dengan semangat kebersamaan dan gotong royong, mereka optimis bahwa budaya dan adat istiadat Melayu Riau di Kabupaten Rokan Hulu akan terus hidup dan diwariskan kepada generasi mendatang.(MC Diskominfo Rohul).***


F.W. Nst

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama