KILASPOS (ROHUL) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) terus berkomitmen melakukan peningkatan infrastruktur, terutama akses jalan desa dan ruas jalan pendukung lainnya. Langkah ini merupakan bagian dari upaya mendukung pertumbuhan perekonomian masyarakat Rohul yang sebagian besar bergantung pada hasil pertanian dan perkebunan.



Selaras dengan rencana strategis (Renstra) program dan kegiatan, PUPR Rohul kini tengah melakukan pekerjaan perbaikan pada ruas jalan Pendalian - Patok Seribu. Pekerjaan ini dimulai dengan survei lokasi oleh UPTD IV Bidang Jalan dan Jembatan, kemudian dilanjutkan dengan penggunaan alat berat Backhoe Loader untuk membuang tanah yang tidak terpakai serta menggali dan mengeraskan jalan.


Menurut Kadis PUPR Anton ST MM melalui Zulfikri, ST, Sekretaris Dinas PUPR Rohul, perbaikan di ruas jalan Pendalian - Patok Seribu merupakan bagian dari program peningkatan infrastruktur jalan yang dirancang untuk memfasilitasi mobilitas dan distribusi komoditas utama kabupaten ini.


"Seluruh pekerjaan perbaikan yang sudah atau sedang dikerjakan merupakan bagian dari program perencanaan kami, meski timeline pelaksanaannya tidak selalu sama," ujar Zulfikri. Sabtu (25/05/2024).


Pernyataan Zulfikri ini menepis anggapan sebagian pihak yang menilai kinerja PUPR Rohul lamban. Dia menjelaskan bahwa setiap pekerjaan memiliki tahapan proses mulai dari perencanaan, survei, hingga pelaksanaan di lapangan. Kecuali dalam kondisi bencana alam yang mendesak, urgensi setiap pekerjaan berbeda.


Dengan keterbatasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), anggaran untuk pekerjaan perbaikan disesuaikan dengan tingkat kerusakan jalan berdasarkan usulan maupun survei di lapangan.


"Kami menetapkan skala prioritas, dan dengan keterbatasan anggaran, PUPR Rohul berusaha menyelaraskan seluruh pekerjaan dengan serapan anggaran yang maksimal," tambah Zulfikri.


Ketika ditanya tentang beberapa persepsi negatif yang beredar, Zulfikri memilih untuk tidak berspekulasi dan fokus pada pekerjaan perbaikan yang sedang dan akan dilaksanakan.


"PUPR terbuka untuk semua kritik dan masukan yang konstruktif, namun untuk isu miring kami enggan menanggapi dan lebih memilih fokus pada pekerjaan kami," terang Zulfikri.


Mengenai progres pekerjaan di ruas jalan Pendalian - Patok Seribu, Zulfikri menyatakan bahwa pekerjaan berjalan sesuai rencana dan diharapkan selesai tepat waktu jika tidak ada kendala cuaca ekstrem.


"Pekerjaan yang sedang berjalan masih on progress dan kami berharap selesai sesuai jadwal yang telah ditetapkan agar dapat fokus pada pekerjaan berikutnya,” tutup Zulfikri.

Dengan berbagai langkah peningkatan infrastruktur ini, diharapkan aksesibilitas dan konektivitas wilayah Rokan Hulu semakin baik, sehingga dapat menunjang perekonomian masyarakat setempat, terutama dalam mendukung distribusi hasil pertanian dan perkebunan yang menjadi komoditas utama daerah tersebut.***


(F.W.Nst)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama